WestJamnation, musisi yang menciptakan karya nggak biasa

WestJamnation, musisi yang menciptakan karya nggak biasa

WestJamnation, musisi yang menciptakan karya nggak biasa

documentoweb.com - Perkembangan musik tanah air memang semakin meningkat. Nggak jarang kita mendengar nama-nama musisi baru berkualitas yang mulai meramaikan industri musik Indonesia. Selain musisi baru, para seniman yang sudah berpengalaman pun nggak ketinggalan dalam menyumbangkan karya mereka untuk dinikmati orang banyak, salah satunya WestJamnation.

Band yang sudah berdiri sejak 2010 ini, memang cukup unik dalam menghasilkan karya-karyanya. Bermula dari perasaan jenuh terhadap rutinitas sehari-hari, band ini pun akhirnya terbentuk. Beranggotakan Jati Andito (vokal), Rifki Afsari (gitar - vokal), dan Adithya Pratama (gitar - vokal latar), grup ini mengusung genre pop dalam lagu yang mereka bawakan.

Di bulan Februari lalu, WestJamnation mengeluarkan single yang cukup unik berjudul “Sudah Terlambat.” Bisa dikatakan unik, karena di dalam pembuatan video klipnya, mereka bekerja sama dengan Gerkatin (Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia) untuk menghasilkan karya yang nggak biasa. Hal ini bukan tanpa alasan, lho. “Kami ingin berkomunikasi dengan cara berbeda supaya musik kita juga bisa dinikmati oleh teman-teman yang memiliki keterbatasan,” ujar mereka.

Bagi WestJamnation, dapat menghibur teman-teman yang memiliki keterbatasan membuat mereka sangat senang. Pengalaman yang dialami ketika manggung juga sangat membuat mereka tersentuh, seperti yang di ungkapkan kepada Brilio.net (5/3). “Pas lagi manggung, karena punya keterbatasan, mereka nggak bisa mendengar apa yang kita nyanyikan. Jadi, ada 5-6 orang (dari mereka – red) mendekat ke sound (speaker – red) dan nempelin tangannya. Terus pas kita nyanyiin liriknya, ada interpreter di depan panggung untuk mengartikan kita lagi ngomong apa. Kita bisa berkesempatan menghibur mereka itu happy banget sih!”, ujar Rifqi.

Ketika ditanya mengenai harapan mereka terhadap industri musik di Indonesia, Rifqi mengatakan bahwa jangan mau kalah sama pasar. “Jangan takut sama pasar tapi kita yang ciptakan pasar. Jadi, nggak usah mikir kita bikin musik ini ‘kira-kira orang senang atau nggak?’ Mending kita bikin musik aja, karena pasar itu bisa diciptain, kok”, ujarnya. Jati juga menambahkan kalau pemerintah seharusnya ikut berkontribusi membantu industri musik tanah air dan anak muda seharusnya bisa mengeksplor sound dari negara sendiri. “Semoga anak muda Indonesia yang ingin bermain musik bisa lebih eksplor sound indonesia lebih dalam lagi karena bisa diaplikasikan ke banyak musik”, ujarnya.

Mereka juga punya tips nih untuk para musisi baru yang ingin mencoba terjun ke dunia musik. “Harus konsisten! Karena skill aja nggak cukup. Menurut gue orang sukses itu skill bukan nomor satu, tapi konsistensi”, ujar Rifqi. Sekarang, WestJamnation sedang menyiapkan materi untuk album mereka lho, kita tunggu karyanya ciamiknya ya!